Dampak Abdimas Prodi Teknik Mesin FTIK UBP, Pemuda Desa Tegal Sawah Punya Skill Khusus

Karawang, – Para dosen dan perwakilan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin (Prodi TM) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang pada sabtu 15 Januari 2022 memberikan Pelatihan Dasar Pengelasan bagi masyarakat pemuda di Desa Tegal sawah Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Dan Bekerja sama dengan Salah Satu Bengkel Las di Desa Tegal Sawah (Bengkel Astagina Teknik ).

Koordinator Prodi Teknik Mesin, H. Murtalim, S.T., M.T mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari program yang harus dilaksanakan oleh akademisi, karena tertuang dalam Tri Dharma Perguruan tinggi. “Pelatihan ini merupakan implementasi Pengabdian Masyarakat yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya , Selasa (21/1).

Ia menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan masyarakat khususnya pemuda agar dapat berinovasi melalui pengembangan skill atau keterampilan dalam bidang pengelasan yang sudah diberikan melalui pelatihan las. “Kami juga berharap para peserta yang sudah dibekali keterampilan bisa buka bengkel las atau usaha lainnya yang sejenis dengan bidang pengelasan,” harapnya.

Menurut koordinator bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat prodi teknik mesin Sukarman, S.T., MT, bahwa kehadiran sivitas Prodi Teknik Mesin di Desa Tegal sawah ini disambut dengan antusias yang tinggi oleh masyarakat. “Bahkan dari hasil kuisioner yang dihimpun, masyarakat menginginkan pelatihan pengelasan dapat diselenggarakan secara intensif dan dapat ditindaklanjuti dengan program pengembangan usaha perbengkelan,” tuturnya.

Piagam dan hasil produk pelatihan dasar pengelasan telah diberikan kepada warga Desa Tegal sawah

Kepala Desa Tegalsawah H. Kardiatna, S.Pd berharap, dengan adanya pelatihan dasar pengelasan yang dilaksanakan diwilayah nya tersebut, bisa dijadikan bekal untuk membuka peluang usaha dalam bidang pengelasan.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, warga desa Tegalsawah bisa lebih mandiri dan bisa membuka usaha untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” harapnya.

Andri, salah satu pemuda desa yang ikut dalam pelatihan ini mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Mesin. “Saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada bapa ibu dosen UBP Karawang yang sudah berkenan mengajarkan saya dan teman – teman, insya Allah kita akan terus belajar supaya makin mantap skill pengelasannya,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *